DONGENG PAUD : Si Dogi & Si Ciko yang Sombong, Malas & Bodoh

Ada Suatu Kerajaan bernama FAUNA, yang diperintah oleh Raja Lion. Sang raja adalah seekor singa yang arif dan bijaksana. Di kerajaan ini penduduknya adalah binatang. Di situ, hiduplah seekor anjing yang bernama dan seekor ayam yang bernama Ciko,yang mempunyai cara hidup yang berbeda. Si dogi kalau mau tidur baru pada tengah malam, dan suka bangun kesiangan, sedangkan si ciko suka cepat tidur, dan suka bangun pagi (subuh),Mengapa demikian….? O ternyata Dogi adalah seekor anjing yang sangat sombong. Dia suka mempertontonkan kumisnya yang panjang setiap kai berjalan melewati jalan-jalan di desa. Dia juga sering berteriak supaya semua penduduk melihat kepadanya sambil menarik-narik kumisnya. Selain itu, dogi kalau sudah kenyang sering tidur-tiduran . ia anjing yang malas atau tidak mau belajar, sehingga penduduk desa menjuluki Dogi “ANJING YANG MALAS”. Tidak heran kalau dogi itu bodoh.

Sedangkan si Ciko adalah seekor ayam yang mempunyai suara merdu dan mempunyai bulu yang indah. Tetapi sayang, ayam juga tidak kalah sombongnya. Dia sering kali memperdengarkan suaranya di desa tersebut tanpa melihat waktu yang tepat sampil mengepak-ngepak sayapnya saking sombongnya. Ciko juga ayam yang malas. Tidak heran kalau Ciko pun bodoh.Kesombongan kedua hewan ini sampai di telinga sang raja, sehingga raja memanggil keduanya untuk menghadap. Raja Lion pun memerintahkan untuk menghukup keduanya dengan cambuk. Akibatnya, dogi dan ciko berteriak kesakitan ketika dipukul, bahkan kumis dogi dicukur.

Selain itu, dogi dan Ciko juga dimasukan ke dalam Pendidikan Non Formal hewan yang mengajarkan keduanya agar tidak sombong, setiap mahluk hidup diberi kelebihan oleh tuhan. Oleh karena itu harus digunakan untuk menolong orang lain.
Sesudah itu mereka diajarkan tidak boleh malas. Merke harus rajin agar menjadi pintar dan berguna di masa depan. Merekapun meulai bejar dengan tekun. Karena keduanya diajarkan sedemikian rupa oleh guru yang sabar dan tekun, maka jadilah Dogi dan CIko yang tidak sombong, tidak malas, dan mereka pun menjadi pintar.
Ketika raja Lion mendengar hal itu, maka Raja mengutus keduanya untuk pergi ke Kerajaan Manusia, agar menjadi hewan yang dapat membantu manusia. Mereka pun pergi, dan di tengah jalan keduanya membagi tugas masing-masing. Dogi mengingatkan harus segera tidur. Dogi juga menjaga rumah tuannya dari orang jahat, sedangkan Ciko membangunkan anak-anak dari tidur pada subuh, agar kalau mau ke sekolah tidak terlambat, selain itu, telur ayamnya juga bias dimakan dan sangat bergizi bagi manusia.Betapa senangnya Dogi dan Ciko dapat menjadi hewan yang bermanfaat bagi manusia dan anak-anak.
SEKIAN

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Posting Komentar